Rabu, 07 Maret 2012

Perlukah Anak Diberikan Ponsel?

image

terapimelia.blogspot.com - Dulu, ponsel hanya milik orang-orang yang memiliki uang banyak. Namun, sekarang ponsel seolah menjadi komoditas yang sangat menggiurkan. Harga ponsel pun semakin terjangkau tergantung merk daf fitur-fiturnya. Bisa dikatakan bahwa ponsel menjadi barang wajib bagi setiap orang. Tidak memandang kalangan atas saja, penjual keliling pun ada yang memiliki 2 ponsel sekaligus.  Kini Ponsel pun berubah yang semula sebagai alat komunikasi menjadi alat pemuas sehari-hari seiring makin lengkap fitur dari ponsel seperti : kamera, pemutar lagu, pemutar video dan lain sebagainya. Beberapa orang mungkin beranggapan bahwa lebih baik ketinggalan dompet dari pada ketinggalan ponsel.


Makin rendahnya harga ponsel memberikan peluang yang besar bagi orang tua untuk membelikan ponsel kepada anaknya bahkan pada pendidikan tingkat TK dan SD sekalipun. Sebagian besar dari orang tua tersebut menganggap ponsel adalah satu-satunya cara yang paling baik untuk mempermudah komunikasi dengan mereka juga dapat mempermudah komunikasi si kecil dengan teman-temannya. Namun, segala sesuatu pasti ada sisi positif dan negatifnya.

Berikut hal (positif dan negatif) yang dapat ditimbulkan ponsel pada anak

  • Sebagai media komunikasi
    Ponsel memang penting bagi anak Anda yang memiliki kegiatan “seabrek”seperti kursus dan kegiatan lain. Ponsel akan semakin berguna ketika Anda adalah tipe orang tua yang malas menunggu atau orang tua yang sibuk. Misalnya saat anak Anda pulang, maka Anda tidak perlu bingung jam berapa anak pulang. Ponsel juga berguna untuk mengetahui posisi anak sekarang dimana. Selain itu, ponsel sekarang bagi anak juga berfungsi untuk menanyakan PR, tugas dan lain sebagainya. Mungkin ini salah satu hal positif dari ponsel
  • Mengundang kejahatan
    Tentu pemberian ponsel pada anak dapat membesarkan presentase kriminal pada anak. Saat ini banyak orang yang menghalalkan banyak cara untuk memperoleh kekayaan. Sasaran yang paling empuk tentu saja adalah anak. Maka, sebaiknya perlu pertimbangan yang lebih matang apakah anak sebaiknya diberi ponsel atau tidak.
  • Sebagai alat hiburan
    Game merupakan fitur yang dicari anak-anak pada ponsel. Mungkin anak bisa memanfaatkan fitur ini saat menunggu Anda menjemput atau untuk melepaskan kejenuhan setelah belajar. Sepertinya hal tersebut lebih baik dari pada anak “keluyuran” yang kurang bermanfaat.

Maka beberapa kebijakan yang dapat Anda lakukan diantaranya

  • Berlakukan aturan
    Berikan aturan untuk anak Anda. Hal ini penting agar anak Anda tetap pada kendali Anda. Juga saat anak Anda asyik bermain game. Ingatkan durasi waktu agar anak Anda tidak kecanduan dan melupakan tugasnya sebagai pelajar. Aturan mematikan ponsel diatas jam 8 juga merupakan langkah yang bijak. Hal ini bertujuab agar anak tidak menggunakan ponsel untuk melakukan hal yang tidak penting seperti mengoborol sampai larut malam.
  • Berikan sesuai keperluan
    Sebaiknya jangan memberikan ponsel yang berfitur internet pada anak Anda yang masih TK dan SD. Jika anda tetap ingin memberikan ponsel, sebaiknya berikan ponsel dengan fitur yang minimu seperti hanya telepon, SMS, dan game, dan radio.
  • Tanamkan rasa tanggung jawab
    Ini dapat anda kembangkan dengan memberikan pulsa secara satu bulan. Hal ini dapat memaksa anak anda secara tidak langsung untuk menghemat penggunaan pulsa. Selain itu, tekankan kepada anak Anda untuk lebih menggunaka fitur SMS daripada telepon. Anda juga dapat memberikan syarat bagi anak Anda agar prestasi di sekolah tidak menurun bila masih ingin menggunakan ponsel.

Nah, setelah membaca artikel diatas, kini keputusan sepenuhnya pada diri Anda para orang tua (dan calon Orang tua). Kebijaksanaan Anda sangat diperlukan untuk hal yang kelihatannya sepele ini. Selain itu, Anda juga dapat memikirkan pertimbangan-pertimbangan lain pada konteks ini.

============================================================== Promo Produk
Melia Propolis
“Natures Miracle Antibiotic”
Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit yang bekerja secara holistic tanpa efek samping.
Hampir seluruh Kitab Suci menulis tentang Lebah.

Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69
……..Keluarlah dari perutnya syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya syifa (penyembuhan) bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.
Kandungan Propolis:
1. Bioflavonoids: Memulihkan system kapilari serta memperbaiki kerapuhan dan kebocoran saluran darah (1 tetes propolis kandungannya setara dengan 500 buah jeruk) 2. Protein ( 16 Asam amino Esensial)
3. Vitamin dan mineral

Fungsi Propolis bagi manusia:
1. Detoksifikasi (Membuangan racun dan Kuman Penyakit dari dalam tubuh)
2. Antibiotika Alami (antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur)
3. Anti Radang
4. Anti Alergi
5. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
6. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
7. Nutrisi (memperbaiki dan regenerasi sel tubuh)
Klik Selanjutnya
AGEN PROPOLIS

0 komentar:

Posting Komentar